JURNAL REFLEKSI MODUL 2.2

PEMBELAJARAN SOSIAL EMOSIONAL

OLEH:

FARIDA LISANTI

CGP ANGKATAN 5 KABUPATEN MUSI RAWAS

 

Refleksi melalui segi tiga restitusi:


-          Setelah Pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu mengetahui Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) berisi tentang keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan anak untuk dapat bertahan dalam masalah sekaligus mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan tersebut, dan untuk mengajarkan mereka menjadi orang yang berkarakter baik.

-          Setelah Pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) mencoba untuk memberikan keseimbangan pada individu dan mengembangkan kompetensi personal yang dibutuhkan agar menjadi sukses dengan tujuan untuk: 1. Memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosional (kesadaran diri), 2. Menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri), 3. Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran social), 4. Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi), 5. Membuat keputusan yang bertanggung jawab (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab).

-          Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah saya senang dan bahagia karena banyak hal baru untuk dapat saya terapkan dan praktikkna di sekolah saya melalui Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE)

-          Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah saya akan memperaktikkan dan menerapkannya di sekolah saya dan ke murid saya di kelas saat belajar dengan menerapkan mindfulness/kesadaran penuh dengan melatih murid memfokuskan perhatian pada proses-proses tubuh otomatis, seperti pernafasan.

  

Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.2

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.3