JURNAL REFLEKSI
MODUL 2.2
PEMBELAJARAN
SOSIAL EMOSIONAL
OLEH:
FARIDA LISANTI
CGP ANGKATAN 5
KABUPATEN MUSI RAWAS
Refleksi melalui segi tiga
restitusi:
- Setelah Pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu mengetahui Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) berisi tentang keterampilan-keterampilan yang dibutuhkan anak untuk dapat bertahan dalam masalah sekaligus mempunyai kemampuan memecahkan permasalahan tersebut, dan untuk mengajarkan mereka menjadi orang yang berkarakter baik.
- Setelah Pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE) mencoba untuk memberikan keseimbangan pada individu dan mengembangkan kompetensi personal yang dibutuhkan agar menjadi sukses dengan tujuan untuk: 1. Memberikan pemahaman, penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosional (kesadaran diri), 2. Menetapkan dan mencapai tujuan positif (pengelolaan diri), 3. Merasakan dan menunjukkan empati kepada orang lain (kesadaran social), 4. Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif (keterampilan membangun relasi), 5. Membuat keputusan yang bertanggung jawab (pengambilan keputusan yang bertanggung jawab).
- Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah saya senang dan bahagia karena banyak hal baru untuk dapat saya terapkan dan praktikkna di sekolah saya melalui Pembelajaran Sosial-Emosional (PSE)
-
Setelah
melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah saya akan
memperaktikkan dan menerapkannya di sekolah saya dan ke murid saya di kelas
saat belajar dengan menerapkan mindfulness/kesadaran penuh dengan melatih murid
memfokuskan perhatian pada proses-proses tubuh otomatis, seperti pernafasan.
Terima kasih
Komentar
Posting Komentar