JURNAL REFLEKSI MODUL 3.3

 

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.3

PENGELOLAAN PROGRAM

YANG BERDAMPAK POSITIF PADA MURID

OLEH:

FARIDA LISANTI

CGP ANGKATAN 5 KABUPATEN MUSI RAWAS

Refleksi melalui segi tiga restitusi:

-          Setelah Pembelajaran hari ini, saya akhirnya mampu mengetahui konsep dalam merancang program kegiatan di sekolah yaitu: dampak akhir yang ingin diraih pada kehidupan orang lain dan lingkungan sekitar, perubahan-perubahan yang perlu dilakukan untuk mencapai dampak yang diinginkan, hasil cepat yang diraih dari satu kegiatan yang dapat berkontribusi terhadap tujuan yang ingin dicapai, kegiatan program yang sedang dilakukan sebagai proses autput yang diinginkan, semua yang diperlukan selama melakukan kegiatan program seperti manusia, keuangan, panitia kegiatan, teknis, dan SDM dan sumber daya sosial.

-          Setelah Pembelajaran hari ini, saya akhirnya memahami bahwa setelah memutuskan dan menetapkan sebuah program kegiatan, maka pemimpin Pembelajaran harus mengetahui prinsip-prinsip dalam monitoring, evaluasi, dan refleksi. Dalam merancang program kegiatan, pembelajaran berpihak pada murid, pemimpin Pembelajaran harus memiliki pola piker berbasis asset, dengan diawali pemetaan asset sekolah, karena dengan pemetaan asset akan tergambar program apa yang bisa dirancang dalam memaksimalkan pemanfaatan asset yang ada. Dengan demikian maka jelas bahwa pemetaan asset dan sumber daya alam kan berpengaruh terhadap rancangan program pemimpin yang berpikir berbasis asset sebagai kekuatan proses membuat program. Dalam hal membuat program akan lebih maksimal jika menggunakan tahapan BAGJA (Buat pertanyaan, Ambil pelajaran, Gali mimpi, Jabarkan rencana, Atur eksekusi) serta melakukan pendekatan IA (Inquiri Apresiatif)

-          Perasaan saya setelah melakukan pembelajaran hari ini adalah saya senang dan bahagia karena modul ini sangat relevan terhadapat materi yang diajarkan sebelumnya yaitu materi filosofi KHD menjadikan saya sebagai pemimpin Pembelajaran yang baik, senantiasa Pembelajaran berpihak pada murid dan menerapkan 3 semboyan Pendidikan KHD yaitu sebagai pemimpin saat di depan memberikan contoh dan teladan yang baik, saat berada di tengah memberikan semangat, dan saat berada dibelakang memberikan dorongan dan motivasi.

-          Setelah melakukan pembelajaran hari ini, target saya berikutnya adalah saya akan memperaktikkan dan menerapkannya di sekolah saya, dalam merancang program sekolah  yaitu pemanfaatan lahan kosong yang berada di lingkungan sekolah dengan membuat program kegiatan TOSSIS ( Tanaman Obat dan Sayuran Siswa) melalui tahapan BAGJA.

 

Terima kasih

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.2