3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
3.2.a.6. Demonstrasi Kontekstual - Modul 3.2
Farida Lisanti, S.Pd.,M.Pd
.jpeg)
Berdasarkan video tersebut dapat diidentifikasi sebagai berikut:
- Visi sekolah dari video adalah "Terwujudnya peserta didik yang berkarakter, inovatif, dan berprestasi" Adapun indikator ketercapaian dari visi sesuai variabel yaitu: Berkarakter maksudnya mengimplementasikan Profil Pelajar Pancasila dalam aktualisasi kehidupan sehari-hari. Inovatif maksudnya kemampuan warga sekolah memaknai keadaan yang dinamis dan selalu berubah dengan berbagai tantangan dan hambatan menjadi sebuah celah dalam mengembangkan diri untuk menemukan solusi yang tepat, bermanfaat dan sesuai dengan masa kini dan mempersiapkan masa depan. Berprestasi, sebagai hasil akhir dalam sebuah proses dalam menemukan kemampuan diri, mengembangkan talenta, dan kecakapan hidup yang bermanfaat.
- Prakarsa perubahan: Mewujudkan kelas yang nyaman, dan menyenangkan untuk belajar.
- Pertanyaan utama: Bagaimana cara mewujudkan kelas yang aman dan nyaman untuk belajar?
- Kegiatan yang dilakukan guru, menggambarkan tahapan BAGJA yaitu:
Tahapan BAGJA
Pertanyaan
Tindakan/Penyelidikan
B-uat pertanyaan utama (Define)
Apa yang muncul dari pikiran kalian dari kata penyemangat pembelajaran?
Tindakan guru:
Menuliskan di papan tulis
Mengajak murid mendiskusikan pertanyaan
Menggali potensi murid
Jawaban:
Makan
Sambil dengerin music
Duduk sambil lesehan
A-mbil Pelajaran (Discover)
1. Apa yang disukai dari kelas kita?
2. Apa yang dilihat dan disukai dari kelas yang dikunjungi dan menjadi penyemanagat belajar? Mengapa?
Tindakan:
Guru mengajak murid untuk melakukan tanya jawab langsung
Murid berdiskusi bersama kelompoknya masing-masing.
Jawaban no 1:
1. Duduk dekat rak buku karena bisa sambil baca buku
2. Duduk dekat jendela karena bisa kena angin dari luar
Jawaban no 2:
Kelas rapi, bersih dan indah karena banyak gambar-gambar didinding kelas
G-ali Mimpi (Dream)
Apa yang menjadi impian untuk mewujudkan kelas impian?
Tindakan:
Guru mengajak murid merenungkan dan membayangkan kelas impian dengan memejamkan mata dan diberikan sugesti
Guru membagikan alat dan bahan untuk menggambarkan kelas impian dibagi 4 kelompok belajar.
Murid mempresentasikan hasil gambarnya Bersama guru dan teman sekelas
Guru menilai saat presentasi murid
Jawaban:
Kelas yang aman, nyaman, rapi, bersih dan indah yang digambarkan melalui media karton.
J-abarkan rencana (Design)
Apa yang harus kita lakukan untuk mewujudkan kelas impian?
Tindakan:
Murid diajak berkontribusi menentukan kebutuhan
Guru menuliskan data di papan tulis
Jawaban:
Lantai yang bersih
Dinding yang penuh hiasan
Kursi yang bisa diubah-ubah
Ada rak buku
A-tur eksekusi (Deliver)
1. Apa Langkah yang bisa dilakukan?
2. Kapan waktu pelaksanaan
Tindakan:
Pembagian tugas kelompok
Menulikan di papan tulis
Jawaban no 1:
- Kelompok 1 membersihkan kelas
- Kelompok 2 membuat hiasan dinding
- Kelompok 3 menyusun bangku
- Kelompok 4 menyusun buk
Jawaban no 2:
- Waktunya Sabtu dan Minggu
- Di cicil pulang sekolah
- Mulai besok menyiapkan alat dan bahannya
- Peran pemimpin yang tergambar pada video yaitu:
- membimbing peserta didik
- bijak mengambil keputusan, teladan
- mempin ketika ia sedang melaksanakan pembelajaran di kelasnya
- pemegang kendali
- sumber belajar bagi anak-anak
- motivator menumbuhkan potensi belajar siswa
- Modal utama yang dimanfaatkan oleh pemimpin pembelajaran dan pemanfaatannya adalah:
- Modal Manusia yaitu: Guru, murid SD yang saling kolaboratif , dalam berpikir kritis dan inovatif.
- Modal sosial yaitu: Kerja sama yang baik, empati saling tolong antar kelompok belajar.
- Modal fisik yaitu; ruang kelas, mej, kursi, papan tulis, pintu
- modal lingkungan/alam yaitu:sekolah yang berada di desa sehingga sejuk dan cerah.
- Modal finansial yaitu: dana BOS.
- Modal politik yaitu: kerjasama dengan komite sekolah
- Modal agama dan budaya: menghormati menjalankan ibadah, bersama-sama sholat dhuha dan zuhur.
Komentar
Posting Komentar