3.1.a.4. Eksplorasi Konsep_ Modul 3.1

TUGAS MANDIRI

Kasus:

Saya adalah guru Bahasa Indonesia yang mengajar di kelas IX, pada saat saya mengajar ada murid yang bernama Rendi tertidur di dalam kelas. Meskipun dibangunkan Rendi masih saja tidur, dengan menggunakan mistar panjang saya memukul meja Rendi dengan harapan agar Rendi terbangun, akhirnya Rendi bangun juga. Karena kesal saya menyuruh Rendi untuk berdiri dan cuci muka di luar kelas agar tubuh Rendi segar kembali. tetapi baru berjalan Rendi pinsan. Saya bersama murid membawanya ke ruang UKS.

Namun Rendi tak kunjung sadar. Saya segera bertindak memanggil perawat yang tidak jauh dari sekolah agar segera mendapat tindakan cepat dan tepat yaitu melakukan pengobatan. Kemudian saya mengabari orang tua Rendi. 

Setibanya di ruang UKS orang tua Rendi langsung menangis histeris melihat tangan anaknya diinfus. Lalu orang tua Rendi bangkit dari duduk dan menghampiri saya dengan marah-marah menunjuk muka saya tidak terima anaknya diperlakukan tidak baik hingga jatuh pinsan. Kepala sekolah segera mendekati kami. Apa yang dilakukan Kepala Sekolah ?

Konsep:

Jika situasinya adalah situasi dilema etika, paradigma mana yang terjadi pada situasi tersebut? apa nilai-nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut? nilai yang saling bertentangan dalam studi kasus tersebut?

Eksplorasi:

Paradigma yang terjadi yaitu:  

1. Kebenaran lawan kesetiaan (truth vs loyalty)

adalah benar saya sebagai seorang guru berkewajiban memberikan pedidikan dan pengajaran kepada murid tanpa memandang agama, suku, bahasa dan lainnya, namun disisi lain saya juga memperlakukan sama kepada semua murid agar berhak mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan yang saya ajarkan, itulah sebab Rendi saya bangunkan agar tidak ketinggalan pelajaran.

2. Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy)

adalah adil jika saya memperlakukan murid sama tanpa memandang kaya/miskin, pintar/bodoh, dan lainnya, tetapi saya kasihan dan empati kalau melihat murid ada yang sakit.

Yang terlibat dalam situasi ini adalah: saya, murid, orang tua murid.

Fakta yang relevan adalah saya harus tetap mengajar, dan saya bersikap adil tanpa memandang kaya/miskin, pintar atau bodoh, dan saya juga harus tetap mengajar di kelas saya, meskipun ada anak yang tertidur di kelas.

Tidak ada pelanggaran/kode etik profesi dan menurut intuisi saya semuanya benar harus dilakukan tindakan. Saya juga merasa nyaman saat saya mengajar, dan saya cepat menolong.

Keputusan yang akan diambil panutan yaitu: sebagai guru yang baik sikap saya akan mendengarkan  pada saat berkoordinasi dengan kepala sekolah dan orang tua murid, agar kejadian sebenarnya dapat dibuktikan logika dan fakta.

Keputusan saya tetap mengajar di kelas dengan murid,  meskipun terdapat sedikit masalah. 

Prinsip yang saya pakai adalah berpikir berbasis pada murid dan  murid.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.2

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.3