Aksi Nyata-Modul 2.2 Pembelajaran Sosial Emosional

 Pembelajaran Sosial Emosional 

Definisi:
Pembelajaran sosial emosional adalah pembelajaran yang dilakukan secara kolaboratif 
seluruh komunitas sekolah.

Tujuan Pembelajaran Sosial Emosional:
1. Memberikan pemahaman penghayatan dan kemampuan untuk mengelola emosi
2. Menerapkan dan mencapai tujuan positif
3. Merasakan dan menunjukkan rasa empati kepada orang lain
4. Membangun dan mempertahankan hubungan yang positif
5. Membuat keputusan yang bertanggung jawab.











Aksi nyata yang dapat diimplementasikan pada pembelajaran sosial emosional, dan direfleksikan ke dalam 5 pertanyaan pemantik yaitu:
  1. Apa yang  Bapak/Ibu lihat dalam proses tersebut?  (Peristiwa)
  2. Apa yang Bapak/Ibu rasakan sehubungan dengan proses yang Anda alami? (Perasaan)
  3. Apa  hal yang bermanfaat dari proses tersebut? (Pembelajaran)
  4. Apa umpan balik yang Anda dapatkan? (Pembelajaran)
  5. Apa yang ingin Anda perbaiki atau tingkatkan agar ini berdampak lebih luas? (Penerapan)

Peristiwa

        Pada pembelajaran sosial emosional yang saya pelajari, banyak hal baru yang perlu dilakukan dalam diri sebagai individu dan sebagai mahluk sosial, seperti: kesadaran diri dengan mengenal emosi, mengelola diri dengan mengelola emosi dan fokus, kesadaran sosial dengan merasa empati, kemampuan berinteraksi sosial, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.
        Kemudian saya coba sampaikan dan diskusikan dengan teman sejawat di ruang guru, ternyata semua guru merespon, ada yang merespon positif dan ada yang merespon negatif. Hampir semua guru yang mendapati peristiwa atau kejadian pada saat pembelajaran yang dilakukan murid membuat kesal, sehingga emosi tinggi dengan spontan memberikan solusi yang justru menjadikan murid semakin menjadi-jadi untuk mengulangi kesalahan yang dibuat. 
        Dengan pengetahuan pembelajaran sosial dan emosional yang saya rasakan dan dirasa teman-teman sejawat, untuk mengimplementasikan kedalam pembelajaran di kelas, agar tercipta kelas yang kondusif, aman dan nyaman.

Perasaan

        Setelah saya dan teman-teman sejawat melakukan diskusi tentang pembelajaran sosial dan emosional ini, perasaan yang timbul menjadi lebih tenang dalam menyikapi dan menghadapi kejadian-kejadian di sekolah, karena emosi lebih terkontrol dengan baik.
        Hubungan sosial sesama guru, PTK, Kepala Sekolah, murid, dan semua warga sekolah lebih harmonis, dan menyenangkan.

Pembelajaran

        Manfaat pembelajaran sosial dan emosional yang dapat dirasakan saya lebih mengenali diri saya sendiri untuk mengendalikan emosi dan sabar dalam menghadapi permasalahan, dapat menjadikan saya lebih empati kepada semua warga sekolah yang terkena musibah atau memerlukan bantuan, saya lebih mempertimbangkan dalam mengambil keputusan untuk meminimalisir dampak atau konsekuensi yang terjadi jika solusi tidak berkenan.

Umpan Balik

        Pembelajaran sosial emosional ini sudah dibuat dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dan diterapkan di kelas saat pembelajaran dan hasilnya murid belajar dengan perasaan yang nyaman, dan riang gembira. Teman-teman mencontoh apa yang saya lakukan dengan mencontoh membuat RPP pada masing-masing pelajaran dan mencoba menerapkannya di kelas saat pembelajaran.

Penerapan 

        Pada praktik mengajar keseharian di kelas saya akan menerapkan pembelajaran yang memiliki rasa: senang, bahagia, terarah, terukur, kondusif dengan berbagai strategi yang dipelajari pada pembelajaran sosial dan emosional di sela-sela pembelajaran yaitu: strategi STOP dan POOCH. 
        STOP yaitu:
S: Stop, hentikan sejenak apa yang dilakukan,
T: Take a deep breat/tarik nafas dalam, sadari, resapi nafas masuk dan udara segar masuk melalui  
     hidung, tahan sejenak, kemudian hembus perlahan rasakan nafas masuk dan keluar membawaenergi 
     positif. lakukan 2 - 3 kali. 
O: Observe/Amati. amati apa yang dirasakan tubuh secara fokus. 
P: Proceed/Lanjutkan. Latihan selesai. Silahkan lanjutkan kembali aktivitas Anda dengan perasaan 
     yang lebih tenang, pikiran lebih jernih, dan sikap yang lebih positif.
    
    POOCH yaitu: 
P: Problem/ melihat masalah
O: Option/alternatif pilihan
O: Outcomes/hasil atau konsekuensi
C: Choices/pilihan keputusan


ppppppp

Komentar

Postingan populer dari blog ini

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.2

JURNAL REFLEKSI MODUL 3.3